ERROR 1036: Table ‘table name’ is read only



Diantara temen-temen pasti pernah mengalami hal dimana ketika kita berganti mesin penyimpanan data mysql tiba-tiba tabel tidak dapat diisi. Padahal ketika kita jalankan di mesin lain tidak ada masalah dengan proses penyimpanan pada program kita. Ada kemungkinan bahwa database kita menjadi read only dimana kita tidak dapat melakukan perubahan pada database kita atau bisa juga tidak ada masalah dengan database melainkan hanya pada tabel-tabel tertentu saja.

Lalu bagaimana kita tau kalau tabel dalam database kita read only? Caranya kita debug program kita sehingga muncul query mysql yang akan diexecute dan kita jalankan langsung melalui program mysql, baik melalui command prompt alias layar item (jadul tapi lebih asyik :D ) atau bisa pake yang GUI kayak MySQL Front ato MySQL Query Browser, bisa juga kita mencoba jalankan command insert, update ataupun delete meski bukan dari query program kita. Setelah kita jalanin command mysql tersebut, jika keluar error ERROR 1036: Table ‘table name’ is read only berarti tabel tersebut beratribut read only.

Ko bisa gitu?

Error tersebut terkadang terjadi karena kita berganti mesin penyimpanan data mysql dan data yang akan kita restore berupa dumping file sedangkan didalam mesin tersebut terdapat database yang sama dengan source yang akan kita restore. Akibatnya database akan tereplace. Hal itu bisa menyebabkan error terjadi.

Gimana nyelesainnya?

Untuk mengatasi masalah tersebut kita dapat melakukannya dengan cara mengubah atribut file tabel kita tersebut dari read only menjadi read and write. Langkahnya antara lain :

  1. Buka folder dimana kita menyimpan folder mysql.
  2. Kita pilih folder data dan cari folder sesuai nama database yang memuat tabel read only kita.
  3. properties

  4. Untuk windows : klik kanan folder, pilih properties kemudian hilangkan centang pada checkbox read onlyUntuk linux (ubuntu) : masuk super user kemudian ketikkan command berikut : chmod -r 777 /’letak folder’
  5. Selesai sudah langkah kita dan coba jalankan kembali command untuk mysql.

Gimana biar gak terjadi kayak gto?

Ada baiknya jika kita melakukan restore database dari source dumping file pastikan bahwa tidak ada database yang sama di dalam mesin dimana kita akan merestore source sql. Jika database tersebut masih diperlukan, baiknya backup dahulu atau pindahkan ke tempat lain. Setelah itu hapus database tersebut baru kemudian kita restore source dari dumping file kita.

Semoga bermanfaat



Responses

0 Respones to "ERROR 1036: Table ‘table name’ is read only"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Aturan Main

ncp-mdw.gif

JANGAN ASAL COPY-PASTE karena BLOG JUGA ADALAH HASIL KARYA CIPTA. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemilik karya atau paling tidak menyebutkan sumber asal. Hitung-hitung bersilaturahmi dan memperluas pergaulan, bukan?

Berbagi Info

Anda bisa membagi informasi yang tercantum di blog ini lewat :

Bagikan info di blog ini lewat Blinklist Bagikan info di blog ini lewat Del.icoi.us Bagikan info di blog ini lewat Digg Bagikan info di blog ini lewat Facebook Bagikan info di blog ini lewat Furl Bagikan info di blog ini lewat Google Bagikan info di blog ini lewat Ma.Gnolia Bagikan info di blog ini lewat Newsvine Bagikan info di blog ini lewat Reddit Bagikan info di blog ini lewat StumbleUpon Bagikan info di blog ini lewat Technorati Bagikan info di blog ini lewat Yahoo

Berlangganan

Anda bisa mengikuti update artikel terbaru di blog ini lewat :

Ikuti update artikel lewat email Ikuti update artikel lewat RSS 2.0 (feedburner) Ikuti update artikel lewat Twitter (http://twitter.com/gravisware)

Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors