Tips Memilih Kampus Swasta yang Ok



Sebel banget deh kalau misalnya kita pengen banget masuk kampus negeri ternyata gak lolos SNMPTN. Padahal udah belajar getol banget, ikutan les sana-sini, berdoa siang malem, tapi ternyata kita gak ketrima di kampus negeri inceran kita. Jangan berkecil hati dulu teman. Aku punya beberapa tips untuk temen-temen gimana caranya milih kampus swasta yang ok dan yang pasti gak kalah sama kampus negeri.

Teman, untuk memilih kampus seperti memilih baju di mall dimana kita harus melihat sisi lain selain keindahan atau kemewahannya, seperti apakah enak di pakai dan yang paling penting adalah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan kita. So, beberapa kriteria pertimbangan kita dalam memilih kampus antara lain :
  1. Kenali bakat dan kemampuan kemudian cari kampus yang sekiranya sesuai dengan kemauan kita. Belajar akan lebih mudah jika kita menyukai apa yang akan kita pelajari. Jadi ini penting banget buat temen-temen sebelum memilih kampus yang sesuai. Misalkan kita suka bidang ilmu komputer, berarti temen-temen bisa mencoba ke STMIK (Sekolah Tinggi Managemen Informatika dan Komputer) atau misal temen-temen ingin menjadi guru bisa kuliah di STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan).
  2. Setelah dapet jenis kampus yang sesuai bakat dan kemampuan, saatnya membandingkan kurikulum yang diajarkan dari beberapa kampus yang sejenis tersebut. Apakah sudah relevan dengan apa yang temen-temen harapkan untuk menunjang karier temen-temen di masa mendatang. Sebagai contoh saat memutuskan ingin kuliah, saya yang berprofesi sebagai programmer sengaja mencari kampus yang kurikulumnya sesuai dengan pekerjaan saya.
  3. Selanjutnya adalah akreditasi. Hmmm percuma dunkz klo kampusnya bagus, kurikulum bagus tapi belum terakreditasi. Well, akreditasi semacam suatu pengakuan dan penilaian atas suatu kampus. Dan buat temen-temen yang pengen jadi PNS, saya sarankan untuk mencari kampus yang berakreditasi B.
  4. Fasilitas kampus juga bisa jadi pertimbangan buat kita memilih kampus. Hmm gak mau kan kita kuliah kayak membeli kucing dalam karung. Udah bayar mahal, eh ternyata fasilitasnya gak sesuai. Karena fasilitas juga penting buat kita untuk belajar dan mempraktekan apa yang udah diajarkan di kampus.
  5. The last but no least adalah biaya. Ini emang hal yang sering banget jadi pertimbangan buat orang-orang seperti saya yang kuliah tanpa ingin membebani orang tua. Banyak sekali kampus yang memang menetapkan standart biaya di atas rata-rata namun tidak sesuai dengan fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa. Saran saya carilah kampus yang murah meriah tapi kualitas bagus.

Well teman, dari semua kriteria itu saya mendapatkan kampus yang cocok menurut saya yaitu STMIK PPKIA Pradnya Paramita Malang (STMIK P3M). Dan alhamdulillah saya mendapatkan beasiswa penuh. Jadi tambahan poin dari 5 kriteria di atas yang bisa teman-teman jadikan pertimbangan lagi adalah "banyak menawarkan beasiswa" hehehe... Dan yang pasti, kuliah di kampus negeri ataupun kampus swasta tidak akan mempengaruhi kesuksesan kita. Karena kesusksesan seseorang itu kembali lagi kepada takdir dan rejeki dari Allah serta diri kita sendiri. Sebagus apapun kampus kita tetapi diri kita sendiri tidak memiliki mentalitas seorang yang sukses, maka kita tidak akan meraih kesuksesan tersebut. Dan jangan salah loh, alumni kampus swasta juga banyak yang lebih sukses dari alumni kampus negeri. So, keep spirit...

That's all tips dari saya. Semoga bermanfaat.


NB : Untuk lebih jelas tentang kampus saya silahkan kunjungi Official Website STMIK P3M di www.stimata.ac.id atau mengetahui berita terbaru tentang kampus kami di blog.stimata.ac.id


Sumber Gambar :


Responses

0 Respones to "Tips Memilih Kampus Swasta yang Ok"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Aturan Main

ncp-mdw.gif

JANGAN ASAL COPY-PASTE karena BLOG JUGA ADALAH HASIL KARYA CIPTA. Biasakan untuk meminta ijin kepada pemilik karya atau paling tidak menyebutkan sumber asal. Hitung-hitung bersilaturahmi dan memperluas pergaulan, bukan?

Berbagi Info

Anda bisa membagi informasi yang tercantum di blog ini lewat :

Bagikan info di blog ini lewat Blinklist Bagikan info di blog ini lewat Del.icoi.us Bagikan info di blog ini lewat Digg Bagikan info di blog ini lewat Facebook Bagikan info di blog ini lewat Furl Bagikan info di blog ini lewat Google Bagikan info di blog ini lewat Ma.Gnolia Bagikan info di blog ini lewat Newsvine Bagikan info di blog ini lewat Reddit Bagikan info di blog ini lewat StumbleUpon Bagikan info di blog ini lewat Technorati Bagikan info di blog ini lewat Yahoo

Berlangganan

Anda bisa mengikuti update artikel terbaru di blog ini lewat :

Ikuti update artikel lewat email Ikuti update artikel lewat RSS 2.0 (feedburner) Ikuti update artikel lewat Twitter (http://twitter.com/gravisware)

Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors